Ikutan “Panen” Data KPU

Sebelomnya, gw mw minta maaf bwt para subscriber blog gw karena tiba-tiba gw posting “sesuatu” yang sebenernya topiknya ga pernah gw sentuh secuilpun selama 25 tahun umur gw. Entah subscriber yg gw bilang ada atau ngga :pundung

 

Anyway, alesan gw posting ini adalah:

1. Awalnya gw bosen baca dan denger soal negative/black campaign yg beredar di semua sosial media. walopun sebenernya gw udah pernah sempet ‘kena’ sama tuh campaign

Pengennya ga ngikutin, pengennya ga mau denger, pengennya ga mau liat. Tapi, semua berubah ketika gw penasaran, yg diterusin dengan googling, dan akhirnya ‘nemu’ video-video kampanye dan tulisan-tulisannya Bapak Anies Baswedan. Ada kata-kata Beliau yang bikin gw akhirnya mikir, “Gw juga harus turun tangan, minimal bwt sendiri. Bwt nentuin apakah gw bakal lanjut jadi golput, ato gw bener-bener nentuin pilihan di pilpres kali ini. Dan klo gw mw milih, saatnya gw buka mata dan buka telinga bwt cari semua baik dan jelek dari pilihan gw nanti”.

2. Biasanya, rutinitas pagi siang malam gw klo buka smartphone : buka Plurk trus bikin status ato komen-komen geje, buka situs berita tapi cuma liatin judul-judul beritanya (klo ada yg menarik bwt gw, misal tentang Barcelona atau Messi baru gw baca isinya. huehuehue…), dll yg sebenernya cuma bwt isi waktu luang. Semua itupun berubah jadi begini : Buka facebook, bener-bener mantengin berita ttg pilpres2014. Buka situs-situs berita, gw langsung klik Tags “Pilpres2014”.

Dan semua ini berdampak juga ke psikologi gw kali ya, sampe kebawa mimpi! Serius, gw mimpiin tentang para Capres. Temen gw c Arip sebut saja dia Ngkep, sampe bilang mw “pasang nomor” bwt mimpi tentang pemilu… wkwkwkwk

Yah akhirnya, gw nentuin satu pilihan. Bwt temen-temen gw pasti udah pada tau gw milih siapa… ๐Ÿ˜‰

3. Gw kira (dan kayanya semua orang mengira hal yang sama), setelah tanggal 9 Juli kita bakal selesai mikirin tentang pilpres2014. Tapi apa daya, isu baru pun muncul; Quick Count, Real Count, Official Count. Gw beneran cape liatnya.. :sigh

Tapi lagi-lagi, ada yg bikin gw tertarik karna rasa penasaran. Gw penasaran sama situsnya KawalPemilu. Gw sempet berniat bwt ikutan ngisi-ngisiin data di sana. Sekedar untuk isi “waktu luang” gw. Gw pun sempet nyasar ke situsnya Kawal Suara dan ikutan ngisi di sana. Tapi gw ngerasa useless dan akhirnya cape sendiri data disana perkembangannya lama, mungkin karna semua fokus ke KawalPemilu yang lebih ‘terstruktur’ bwt ngisi datanya biar cepet.

4. Dari point ketiga di atas, muncul lagi isu-isu soal para ‘relawan’ yang ngga dibayar, dll. Muncul juga isu soal keberpihakannya situs tersebut.ย Lagi-lagi gw cape liat berita-berita kaya gitu.

Gw akhirnya mutusin bwt ikutin omongan orang-orang: “Percayakan pada KPU”. Deal!

Gw percaya sama KPU, dan gw juga mutusin bwt percaya sama diri gw sendiri. Akhirnyaaaa, gw ngisi “waktu luang” gw dengan “ngasah kecepatan jari-jari” gw bwt buka situs resminya KPU >> download formulir-formulir tingkat Kabupaten dan Provinsi >> pindahin ke Excel >> liat hasilnya. Kegiatan ini mulai rutin gw lakuin sampe tadi pagi. Gw usahain buat terus update data-data di excel gw sesuai sama yang ada di situsnya KPU. Gw pun bisa “tenang” klo liat berita yg nge-claim, A menang di daerah ini anu itu, B menang telak di kabupaten XYZ, A mengalahkan B di provinsi ABC. Karna, gw “punya” datanya ๐Ÿ˜€

 

Jadi, inilah yg bakal gw share, hasil copy-paste perolehan suara dari situs resminya KPU yg berhasil gw rangkum sampe pagi ini… mungkin kalo gw ada waktu gw bakal update lagi info ini

Perbandingan Jumlah Suara:

Kabupaten Provinsi
Prabowo-Hatta 60.509.587 62.262.844
Jokowi-JK 67.917.993 70.633.576
465 dari 497 Kabupaten/Kota 33 dari 33 Provinsi

Data diambil dari situs KPU baik yg udah diverifikasi ataupun belum. (last updated: 21 Juli 2014, jam 22.32 WIB)

ACEH: PRABOWO-HATTA

SUMATERA UTARA: JOKOWI-JK

SUMATERA BARAT: PRABOWO-HATTA

RIAU: PRABOWO-HATTA

JAMBI: JOKOWI-JK

SUMATERA SELATAN: PRABOWO-HATTA

BENGKULU: JOKOWI-JK

LAMPUNG: JOKOWI-JK

KEPULAUAN BANGKA BELITUNG: JOKOWI-JK

KEPULAUAN RIAU: JOKOWI-JK

DKI JAKARTA: JOKOWI-JK

JAWA BARAT: PRABOWO-HATTA

JAWA TENGAH: JOKOWI-JK

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA: JOKOWI-JK

JAWA TIMUR: JOKOWI-JK

BANTEN: PRABOWO-HATTA

BALI: JOKOWI-JK

NUSA TENGGARA BARAT: PRABOWO-HATTA

NUSA TENGGARA TIMUR: JOKOWI-JK

KALIMANTAN BARAT: JOKOWI-JK

KALIMANTAN TENGAH: JOKOWI-JK

KALIMANTAN SELATAN: PRABOWO-HATTA

KALIMANTAN TIMUR: JOKOWI-JK

SULAWESI UTARA: JOKOWI-JK

SULAWESI TENGAH: JOKOWI-JK

SULAWESI SELATAN: JOKOWI-JK

SULAWESI TENGGARA: JOKOWI-JK

GORONTALO: PRABOWO-HATTA

SULAWESI BARAT: JOKOWI-JK

MALUKU: JOKOWI-JK

MALUKU UTARA: PRABOWO-HATTA

PAPUA: JOKOWI-JK

PAPUA BARAT: JOKOWI-JK

 

Harapan gw:

1. Apapun hasilnya, Persatuan Indonesia ๐Ÿ™‚

2. Semoga postingan tentang topik yang satu ini, jadi yg pertama dan terakhir seumur hidup gw… hahaha…

 

Oiya, ada video bagus nih soal Persatuan Indonesia ๐Ÿ˜€

Iklan

Review Fitur : Plurka

Hai guys

Setelah berbulan-bulan ga posting yg “bermutu”, akhirnya kali ini gw dapet ide yang, yaahhh… , sedikit “bermutu” :mrgreen:

Beberapa minggu yang lalu, akhirnya gw keluar dari dunia Be-be-beh (baca: Blackberry). Dikarenakan satu dan lain hal, gw merasa ga cocok sama Be-be-beh, dan akhirnyaaaa gw beralih ke dunia Android ๐Ÿ˜€

Sebagai Plurkerz sejati, waktu pertama gw pake henfon Android, yang gw cari pertama di Android Market adalah aplikasi buat nge-Plurk. Dari beberapa hasil pencarian yg muncul dan langsung membuat gw tertarik adalah aplikasi yang bernama Plurka.


FYI : buat yang belum tau apa itu Plurk, silahkan kunjungi About Us -nya. Kalau tertarik, langsung join lewat klik link ini ya ๐Ÿ˜‰

About Plurka

Themes default yang ditampilkan berwarna dasar abu-abu gelap, dan masih dengan style Plurk-nya, Plurka ga meninggalkan warna orange-nya Plurk :D. Tampilannya seperti ini :

Home


Click Your Avatar

Kalau kita meng-klik avatar dari status kita, akan muncul pilihan untuk Delete, Edit, Like, dan Share (ke social network lain, device lain, atau bahkan aplikasi lain seperti sms).

Click Friend Avatar

Nah kalau kita meng-klik avatar salah satu status teman kita, akan muncul pilihan untuk :

Mute, dengan fitur ini kita tidak akan pernah dapat notifikasi lagi dari status yang kita mute.

Like, layaknya me-like status seperti biasa ๐Ÿ˜€

Replurk, fitur ini akan membuat status teman kita di-publish kembali, dan tentunya terdapat link menuju Plurk teman kita itu. Fitur ini mirip seperti Retweet, tentunya lebih keren.. hahahaha (tetep Plurkerz sejati) :mrgreen:

Share, status teman kita pun bisa kita bagikan ke social network, device lain, atau bahkan aplikasi lain.

Private Plurk, kita bisa kirim Plurk yang bersifatย private, khusus untuk teman kita itu (istilahnya sih main rahasia-rahasiaan sama temen kita) :P.

Profile, tentunya fitur ini untuk melihat profile dari teman kita itu.

Three Icons in Beginning

fungsinya untuk membuat status baru.

fungsinya untuk refresh page.

icon ini mungkin tepatnya bernama “More”, karena kalau di klik ada menu lainnya dan juga icon ini berfungsi untuk notifikasi. Ada apa aja? CekidotBaca lebih lanjut

Movie movie and movie again :D

Entah kenapa gw akhir-akhir ini lagi tergila-gila sama film. Bahkan film-film jadul pun kembali gw tonton belakangan ini.

Tiap ada yg nawarin jalan, pasti gw jawab : “nonton aja yu?”. Tiap orang yg gw ajak nonton pun kembali bertanya, “nonton apaan?”. Ups, gw pasti terdiam sesaat, dan akhirnya bilang “nonton apaan aja dah”. Karna gw ga mau tau nonton apaan, yg penting nontoooonn.. :mrgreen:

Karna kebiasaan gw ngajak nonton temen-temen gw, kebiasaan gw pun akhir-akhir ini bertambah. Nyari review-review film, dan tentunya gw jadi lebih sering mengunjungi situs 21cineplex.com ๐Ÿ˜€

Di 21cineplex.com gw cuma sekedar liat list film Now Playing dan tentunyaaa, Coming soon ๐Ÿ˜€ . Sebenernya di 21cineplex.com udah nyedian review-review singkat tentang film-filmnya, tapi sayangnya menurut gw review yg dibuat bikin penonton kurang ‘penasaran’ sama film itu.

Akhirnya setelah menjelejah dunia maya, gw nemu tempat review film yg bagus : We are movie Geeks atau Beyond Hollywood

Kalau tempat nyari link download movienya, biasanya cek aja di One Click Moviez

Ada beberapa film yg mau gw coba sedikit review di sini, tepatnya ini film-film yg penasaran pengen gw tonton ๐Ÿ˜€

1. Avatar : The Last Airbender
avatar
Film ini katanya sih dibuat ga jauh beda sama film kartunnya. Cerita tentang seorang anak laki-laki pengendali empat elemen (air, api, bumi, dan udara) bernama Aang. Tapi katanya film ini ga gitu bagus.. entah dari sudut mana dibilang ga bagusnya, yg pasti biasanya penilaian penonton bakal beda sama penilaian para komentator film.. ๐Ÿ˜›

Review: THE LAST AIRBENDER

2. Inception
inception
Dom Cobb (Leonardo DiCaprio), seorang pencuri yang terampil dan terbaik, dan dia mencuri dari pikiran bawah sadar -> mimpi. Cuma satu kalimat itu aja bikin gw bener2 pengen nonton ini film. Pertama, karna pemaennya Leonardo DiCaprio ๐Ÿ˜›
Kedua, mencuri dari mimpi?? itu bakalan jadi film yg menarik ๐Ÿ˜€

Review: INCEPTION

3.THE SORCERERโ€™S APPRENTICE
the sorcerer's apprentice
Satu film lagi yang dibintangi Nicolas Cage :D. Pertama gw tau tentang film ini dari trailernya wktu gw nonton The A-Team
Balthazar Blake (Nicolas Cage) berperan sebagai penyihir di Manhattan masa kini. Dia berusaha buat mempertahankan Manhattan dari musuhnya, Maxim Horvath (Alfred Molina). Dia pun merekrut Dave Stutler (Jay Baruchel), pria biasa yang nampaknya memiliki potensi tersembunyi – sebagai anak didiknya. 21cineplex.com

Review: THE SORCERERโ€™S APPRENTICE

So, tunggu gw nge-review lengkap dari film-film ini setelah gw nonton ya… ๐Ÿ˜€


exist onย yuliantip06

Movie Review : The A-Team

The A Team

Sebagai pecinta film gw sangat antusias dengan kehadiran film The A-Team. Film ini โ€œmenyediakanโ€ dua kategori film-film kesukaan gw : action dan komedi.

Kalau kita sering melihat satu pasukan tim khusus yg terdiri atas buanyaaak orang, hilangkan imajinasi itu dari pikiran kalian untuk film ini. Karena di film ini menceritakan satu tim elit Special Forces yang โ€œhanyaโ€ terdiri dari 4 orang ๐Ÿ˜€

Film ini dimulai dari cerita singkat awal terbentuknya The A-Team sampai akhirnya mereka diminta menangani suatu kasus tapi ternyata mereka dijebak. Pangkat mereka dihapus dan akhirnya mereka dipenjara. Petualangan sebenarnya dimulai saat mereka berencana untuk memperbaiki nama baik mereka.

Empat orang yang berada di The A-Team ini udah pasti punya karakter yang berbeda-beda. Keempat orang itu adalah :

  • Kolonel John โ€˜Hannibalโ€˜ Smith, yang diperankan olehย  Liam Neeson, adalah pimpinan dari The A-Team yang selalu punya rencana A dan ga pernah punya rencana lain, motonya adalah senang jika rencananya berhasil. ๐Ÿ˜€
  • Letnan Templeton โ€˜Facemanโ€˜ Peck (diperankan oleh Bradley Cooper) yang punya sifat playboy. Wajar aja dia playboy, lah wong ganteng ๐Ÿ˜›
  • Quinton โ€œRampageโ€ Jackson, diperankan oleh Sgt Bosco โ€˜B.A.โ€™ Baracus, seorang petarung berkulit hitam dan berbadan sangat kekar. Tapi dia satu punya kelemahan dibalik badan kekarnya. ๐Ÿ˜‰
  • โ€˜Howling Madโ€˜ Murdock, diperankan oleh Sharlto Copley, seorang psychotic pilot tapi ga diragukan lagi kemampuan mengendarai pesawat atau helikopternya ๐Ÿ˜€

Planning something :D

Karakter keempat orang ini bener-bener ngasih warna yang sangaaaat menarik buat ditonton.. ๐Ÿ˜€

Review-review lainnya bisa dilihat disini :

  1. Movie Review : The A-Team (2010)
  2. The A-Team (2010) Movie Review
  3. yuliantip06.student.ipb.ac.id : Movie Review

Resep berbagai penyakit ringan ala My Mom

Sekarang gw mau berbagi resep buat temen2 yg lagi kena penyakit ringan.

Penyakit ringan yang gw maksud kaya flu, demam, sakit kepala, kurang enak body, dan kawan-kawannya.

Resepnya adalah : telur ayam rebus & susu cap Beruang (ga maksud buat promosi produk loh ๐Ÿ˜› ).

Kedua resep itu juga ada tata cara penggunaanya, check it out :

Menu Pagi

  • Sarapan,
  • setelah sarapan, makan 2 butir telur rebus
  • minum obat yang dianggap cocok dan manjur; dimakan sesuai anjuran (setelah atau sebelum makan)
  • 1 jam setelah minum obat minum 1 kaleng susu cap Beruang

Menu Siang

Baca lebih lanjut

Blogging Day

Kemaren-kemaren ngeliat status Plurk salah satu temen gw yang isinya ada nyerempet kata โ€œawal taunโ€.. Wow.. Kemana aja nh gw??? Sampe ga sadar kalo sekarang kita udah di penghujung akhir taun.. ๐Ÿ˜€

Akhir taun ini harus ditutup dengan memori-memori yang ga bisa dilupain. Setiap taun harus ada kesan tertentu. Berdasarkan hasil petualangan gw selama ini, entah kenapa gw ngerasa harus lebih ngehargain setiap kesempatan. Kesempatan buat ngisi waktu bareng orang-orang spesial yang ada di sekitar gw ๐Ÿ˜€

Setiap kesempatan buat ngumpul bareng kayanya bakal gw terima, โ€œ Iโ€™m Yes Man Woman โ€ :mrgreen:

Waktu gw dan temen-temen gw balik kuliah, kita ngeliat ada pendaftaran buat ikutan acara Blogging Day. Ngeliat temen-temen gw sangat antusias buat daftar ( maklum lah gratisan :mrgreen: ), akhirnya gw ikutan daftar..

Tapi sesuai kodrat gratisan, akhirnya yg daftar pun ga sayang buat ga dateng ke acaranya ๐Ÿ˜ก

Begitulah, dihari ini, hari H acara Blogging Day, temen-temen gw lumayan banyak yang ga jadi dateng.

Yasudahlah, intinya info terpenting di postingan kali ini : Blogging Day

Acara nge-blog bareng 1000 orang minus ratusan. Acara ini banyak banget kendalanya. Entah kena kutuk ato karna panitia yg kena karma karna matiin koneksi ditengah acara ๐Ÿ˜•

Di saat gw lagi nulis draft postingan ini pun masih kena kendala Access Point ga jalan.. ๐Ÿ˜ก

Yaaahhh,, apapun yg terjadi, yg penting rekor muri udah terpecahkan… Yiiippppiiii ( klo kalian udah bisa baca postingan ini artinya semua kendala udah bisa terlewati. hohohoho.. )

Congrat deh buat para panitia yang udah berusaha keras buat ngadain neh acara. Maap kami para peserta cuma bisa protes.. :mrgreen:

Oiya, gw dapet surprise di acara ini :

1. Salah satu pembicara di sesi seminarnya salah satu dosen favorit gw ๐Ÿ˜€

2. Salah satu praktikan gw ternyata jadi โ€˜bintang tamuโ€™. Hahahha… :mrgreen:

Kenyataan : postingan ini gw publish di suatu kamar, tepatnya kamar kosan gw.ย  ๐Ÿ˜ฏ

Yeaaahhh.. Acara di atas ga berjalan sesuai harapan. Niat buat mecahin rekor MURI ga kesampean, access pointnya ga bisa dipake. Gw sendiri pulang tanpa nunggu acara selesai. Waktu gw keluar dari ruangan, panitia lagi ngasih tau cara2 bikin blog.. Gw pun terpaksa ninggalin sertifikatnya.. Semoga panitia dengan baik hati mau mengonfirmasikan kapan tuh sertifikat bisa diambil.. Supaya gw ga ngerasa pulang dengan tangan kosong juga..ย  ๐Ÿ˜ฆ

exist onย yuliantip06

Ms. Word 2007 โ€“ Table Of Contents / Daftar Isi

Udah lama banget neh ga posting..

Mumpung lagi ‘ga ada kerjaan’, ย kali ini gw mau nge-share fungsi lain dari Ms. Word.. ๐Ÿ˜€

Kali ini gw akan ngebahas gimana teknik ‘sulap’ bikin Table of Contents (TOC) ato yang lebih familiar kita kenal dengan Daftar Isi. Mungkin semua orang udah tau gimana cara bikin TOC secara manual, tapi ga semua orang tau kalo TOC / Daftar Isi bisa dibikin otomatis. Otomatis disini maksudnya, kalau kita merubah halaman dari suatu Bab ato Sub Bab sedangkan TOC udah ‘sempurna’ kita bikin di awal, terpaksa kita harus bersusah payah lagi ngerubah TOC-nya. Klo kita cuma bikin paper / makalah / apapun sejenisnya yg cuma 10-20 halaman itu masih gampang. Tapi gimana jadinya klo kita bikin sesuatu yang berisi ratusan halaman, dengan puluhan Bab dan Sub Bab?? Cangkeul meureun.. *sunda mode ON* :mrgreen:

Sebelumnya, gw mau ngasih tau klo ada 2 kondisi saat kita mau bikin TOC otomatis.

KONDISI PERTAMA

Ini merupakan kodisi dimana kita udah punya kerangka karangan dan belum menulis apapun di dokumen kita.

Tahapan yang harus kita lakuin adalah kaya gini :

1. Ketik kerangka karangan kita di halaman yang kita inginkan.

Contoh Kerangka Karangan

Contoh Kerangka Karangan

2. Pembuatan TOC otomatis ini menggunakan teknik pe-level-an. Maksudnya gini, misal judul tiap BAB kita kasih level 1, sub judul dari BAB kita kasih level 2, anak dari sub BAB kita kasih level 3 dan seterusnya..

Terus gimana cara kita ngasih tau Ms. Word masing-masing levelnya??

Caranya :

  • Klik judul-judul yg ย akan kita kasih level 1.
Pelevelan

Pelevelan

  • Pilih menu References > Add Text > Level 1.

Pemberian level

Pemberian level

  • Lakukan proses ini untuk sub judul yang lain untuk level 2, level 3, dan seterusnya. Umumnya, saat kita melakukan pelevelan, font dan warnanya akan berubah.

Jangan kaget klo emang terjadi sama kalian. Kalo ga sesuai, silahkan kalian sesuaikan sesuai selera. Kalo ga dirubah juga gapapa.. ๐Ÿ˜‰

  • Setelah kita selesai memberi level pada semua judul dan sub judul, letakkan cursor di bagian bawah judul Daftar Isi yg sudah kita kasih level. Pilih menu ย Reference > Table Of Contents.

bikin TOC

Baca lebih lanjut