Cegah virus autorun.inf

Buat para pengguna flash disk (ato lebih tepatnya flash memory), pasti udah ga asing lagi sama virus autorun.inf kan?

Itu lho,, virus yang ngerubah icon flash disk kita jadi folder..

Sebenernya neh virus bukan cuma “iseng” bekerja buat ganti icon doank. Kalo dari sumber-sumber yang gw baca, salah satu “kegunaan” dari virus ini adalah sebagai media penyebaran virus trojan. Selaen itu, virus ini juga bikin flash disk kita jadi ga bisa di ejek eject ato di safely remove.

Nah, hasil iseng-iseng menjelajahi dunia maya, akhirnya ge nemu beberapa postingan yang ngebahas tentang cara ngatasin virus ini.

Ada beberapa yang ngerekomendasiin file-file berekstensi .exe. Dan salah satu yang gw coba instal malah bikin laptop gw berbunyi “BIP” yang menandakan antivirus gw ( Avira ) ngedeteksi virus 😡

Dan diantara semua rekomendasi yang ada, gw akhirnya nemu cara yang “cocok” buat ngatasin autorun.inf  :mrgeen:

Check it out !!

Tahap 1 – Bikin folder autorun.inf

Sebelumnya, kita hapus dulu file autorun.inf yang ada di root directory flash disk. Kalo udah, cepet bikin folder bernama autorun.inf” .  ( kenapa harus cepet? ga tau gw juga.. disuruhnya gitu.. 😆 )

Katanya, banyak yang nyoba bikin file autorun.inf yang dibuat super-hidden (read-only, hidden, system) untuk ngatasin virus ini. Tapi kenyataannya, ni virus dengan mudahnya nge-reset attribute file itu, ngehapus filenya, trus bikin autorun.inf baru.

Nah, kalo kita bikin FOLDER dengan nama autorun.inf, virusnya jadi ga bisa bikin file autorun.inf

Kalo tuh virus berusaha nge-delete ‘file’ autorun.inf tersebut, virusnya bakalan gagal dan ngalamin error.

Qo bisa?

Karna autorun.inf yang kita bikin itu bukan file, tapi folder :mrgreen:

Trus katanya c, dengan cara ini, virus di memory kemungkinan bisa mati. Soalnya kebanyakan virus ga punya Exception Handling buat situasi ini. Jadinya dia bakal error dan dibunuh langsung sama Windows.

Tapiiiiii,,,, virus masih bisa ngehapus folder ini kalo dia ngelakuin 1 function call yang tepat.

Soo,, kita lanjut ke tahap selanjutnya..

Tahap 2 – Cegah folder terhapus

Buka folder autorun.inf yang tadi kita buat. Trus bikin file text baru. Rename nama filenya jadi 퀏셛됝鍔聎.txt

Kelima huruf CJK (Cina-Jepang-Korea) itu bukan gw bikin karna gw ada keturunan Cina !! 😛

Huruf-huruf itu adalah karakter Unicode dengan kode berturut-turut :

U+D00F ,  U+C15B ,  U+B41D ,  U+9354 ,  U+804E

Cara manual buat bikin nama file-nya bisa dengan cara ini :

  1. Buka character map yang merupakan program bawaan Windows
  2. Pilih font Arial Unicode
  3. Cari font dengan kode U+D00F, klik fontnya, klik tombol Select
  4. Lakukan langkah ketiga buat keempat karakter laennya
  5. Klik tombol Copy
  6. Paste untuk nama file text baru yang kita buat

Kalo tampilnya jadi kotak-kotak, itu normal qo.. 😀

Trus kenapa kita pake karakter-karakter itu? Sekali lagi gw tegaskan, “Itu bukan karena gw keturunan Cina” !!!

Itu adalah salah satu cara kita maen akal-akalan sama virus supaya folder yang kita bikin ga ke apus sama dia. Soalnya, sebagian besar virus ga support Unicode 😀

So, kalo virus berusaha buat ngehapus folder ini, dia bakakan GATOT alias gagal total 😆

Tapiiiii,, masih ada system yang lebih pintar lagi yang bisa ngapus folder ini !!!!! Ini adalah langkah paling bahaya !!! Mereka menggunakan cara seperti ini

– Klik folder autorun.inf

– Tekan tombol delete

Haa?? Qo bisa??

Intinya, neh folder bisa dihapus manual sama system tercanggih yang pernah ada, yaitu Manusia itu sendiri :mrgreen:

Mungkin ada yang bilang, “Lha ga mungkin kehapus lah… Wong kita yang bikin qo kita yang ngapus??”

Bener c,, tapi gimana sama temen-temen kita yang minjem flash disk kita? Bisa-bisa waktu dia liat folder ini di flash disk kita dia mikir,

“Ya ampun,,, flash disk temen gw kena virus !!! Harus gw lakukan pertolongan pertama nh !!! Gw delete aja neh folder aneh…  8) “

Akhirnya temen kita yang “berniat baik” itu sukses menghapus folder yang udah kita bikin beserta isinya… 🙄

Tahap 3 – Cegah folder terhapus secara manual

Nah, buat ngelindungin folder yang udah kita bikin dari “niatan baik” temen-temen kita, inilah langkahnya yang juga jadi langkah terakhir pada proses pencegahan virus autorun.inf 😀

Silahkan download file makesuperdir.vbs.zip disini. Un-zip file tersebut, jalanin file “makesuperdir.vbs” yang ada didalemnya.

Program makesuperdir.vbs ini adalah program sederhana yang secara otomatis membuat sebuah folder ‘tak terhapuskan’ yang ada di dalam folder autorun.inf di root directory.

Done !!!! :mrgreen:

Silahkan mencoba.. 😀

Kalo masih ada yang bertanya-tanya “kenapa bisa gitu?” di setiap langkah di atas, silahkan kunjungin http://supralova.comli.com/?p=113

AYO BASMI autorun.inf !!!!!! 😈

exist on yuliantip06

11 thoughts on “Cegah virus autorun.inf

  1. emang ribet ya???

    tapi semenjak pake cara itu gw udah ga pernah kena virus ntu lagi.hehehe…

    ato ada saran yg lebih ga ribet?? 😀

  2. gmn cara nya untuk menghapus file untuk makesuperdir.vbs.zip dari flashdisk????jika anda bisa bantu saya harap diberikan penjelasan untuk menghapusnya aja..
    saya memang tidak mengerti komputer tapi saya ingin menghapusnya..bisakah anda membantu??
    jika ya, mohon kirimkan jawaban anda ke email saya di gmail ini…thx

  3. caranya c ada..
    tapi demi menjaga kerahasiaan, kalo mau ngapus filenya, hmmm… format aja flashdisk-nya… tapi jangan lupa “selamatkan” dulu file-file penting lainnya :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

